Mengajukan Pinjaman Tanpa Proses BI Checking Perhatikan 6 Hal Ini

Pinjaman Tanpa Proses BI Checking Mengajukan Pinjaman Tanpa proses BI Checking

Mengajukan dan kemudian mendapatkan pinjaman tanpa pemeriksaan BI (BI checking) memang tampak sangat menggiurkan. Apalagi jika prosesnya mudah dan pencairan dananya tidak memakan waktu yang lama. Ya namanya saja kebutuhan darurat, jadi kapan dibutuhkannya tidak terduga dan sifatnya tiba-tiba. Jika Anda tidak punya dana darurat, maka mengajukan pinjaman adalah salah satu jalan keluarnya.

Pinjaman tanpa BI checking akan sangat membantu jika Anda membutuhkan pinjaman namun tidak memungkinkan bagi Anda untuk meminjam ke bank (umum). Biasanya bank umum memiliki sederet persyaratan dan proses yang rumit untuk mendapatkan pinjaman. Sementara lembaga keuangan, termasuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) cenderung lebih fleksibel dalam hal memberikan pinjaman. Selain syarat lebih mudah, waktu pencairan dana pun relatif lebih cepat.

Saat ini, banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman tanpa BI checking, namun Anda harus cermat dalam memilih tempat di mana Anda akan meminjam. Pastikan Anda meminjam dari lembaga keuangan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BPR Universal tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga memastikan proses pengajuan pinjaman tanpa BI checking yang sepenuhnya aman.

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa BI checking, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama, kami kemas menjadi 6 poin sebagai berikut:

1. Benar-benar Butuh

Manusia sulit untuk merasa puas, apalagi jika sudah menyangkut soal uang, banyak yang mengamini pepatah ‘Rumput tetangga lebih hijau’. Sejumlah orang bahkan rela meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan tersier, tentu ini adalah tindakan yang salah.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa BI checking, pastikan Anda benar-benar membutuhkan uang tersebut dan uang pinjaman akan digunakan untuk kebutuhan yang valid dan relevan. Kalau Anda meminjam hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan sekunder atau bahkan tersier, lebih baik urungkan niat Anda. Apalagi jika Anda meminjam uang untuk menutupi pinjaman lain yang sudah jatuh tempo, hal ini sebaiknya dihindari.

2. Sanggup Melunasi Pinjaman

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa BI checking, pastikan Anda sanggup melunasi pinjaman tersebut. Jangan sampai pendapatan bulanan Anda semuanya terpakai untuk membayar pinjaman. Ingat juga bahwa Anda masih memiliki kebutuhan sehari-hari, tagihan bulanan, dan biaya bulanan lainnya.

Kami menyarankan bahwa cicilan per bulan tidak lebih dari 30% dari total pendapatan bulanan Anda. Misal Anda memiliki pendapatan Rp 10,000,000 per bulannya, maka kami menyarankan limit cicilan per bulan Anda adalah Rp 3,000,000. Lebih baik lagi jika kurang dari itu, jika tidak Anda akan memiliki skor kredit yang jelek.

Sesuai namanya, BI checking akan diperiksa oleh Bank Indonesia. Pada pinjaman tanpa BI checking ada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari OJK yang siap untuk mengecek histori kredit Anda.

3. Berkomitmen Melunasi Utang Sebelumnya

Semakin banyak utang yang Anda miliki, maka skor kredit dan histori Anda semakin jelek. Jika Anda memiliki utang sebelumnya, Anda harus berkomitmen penuh untuk melunasinya. Kalau Anda terpaksa mengajukan pinjaman tanpa BI checking untuk menutupi utang sebelumnya, pastikan bahwa uang tersebut tidak akan terpakai untuk hal lainnya. Semisalnya Anda mengajukan untuk mengajukan pinjaman tanpa BI checking untuk kebutuhan darurat, pertimbangkan dengan masak apakah kebutuhan tersebut benar-benar mendesak dan darurat.

4. Jalan Lain Selain Meminjam

Pinjaman tanpa BI checking merupakan salah satu alternatif untuk kebutuhan mendesak atau menutupi utang, tapi jika Anda memiliki pilihan lain, tentu itu lebih baik daripada meminjam. Misalnya Anda dapat menjual barang bekas yang sudah tidak terpakai di rumah Anda atau mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tambahan.

5. Pilih Bunga Ringan

Di dalam cicilan yang Anda bayar setiap bulannya, selain pokok pinjaman ada juga komponen bunga. Kalau Anda mengajukan pinjaman tanpa BI checking, pilih lah bunga pinjaman yang paling ringan sehingga tidak terlalu membebankan Anda. Pertimbangkan persentase bunga yang diterapkan, lalu perhitungkan juga biaya layanan dan tenornya.

6. Ajukan Pinjaman di Lembaga yang Terdaftar di OJK

Agar Anda merasa aman dan tenang, ajukan pinjaman tanpa BI checking di lembaga yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. BPR Universal dikelola oleh tim yang profesional dan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, selain itu dana pinjaman Anda juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Proses pengajuan aplikasi mudah nyaman, di mana tim BPR Universal akan mengunjungi Anda untuk mengambil data Anda dan proses dana pinjaman dapat cair dalam kurun waktu 3 hari setelah persyaratan data dinyatakan lengkap.

Setelah membaca enam poin di atas, apakah Anda betul-betul membutuhkan pinjaman tanpa BI checking? Jika ya, kami siap membantu Anda melalui berbagai layanan Universal Kredit kami. Cari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi tautan berikut ini:

●        Universal Kredit Modal Kerja

●        Universal Kredit Multiguna

●        Universal Kredit Deposito