Suka Boros? Ini 9 Cara Hemat Uang Belanja!

cara hemat uang belanja

Kenapa ya dikasih berapapun uang belanja selalu cepet abis? padahal belom sebulan! gimana ya cara hemat uang belanja?….

Kaum hedonisme pasti relate banget sama masalah yang satu ini. Tenang-tenang kamu ga sendiri, saat ini pun aku yakin ada banyak orang yang lagi buka google sambil searching ‘gimana cara hemat uang belanja?’

Kalau kamu tadi mencari hal yang sama, selamat anda beruntung! karena di bawah ini kamu akan belajar 9 cara hemat uang belanja bagi kamu yang dikasih uang selalu cepet abis alias boros!

Cara Hemat Uang Belanja

1. Hitung jumlah uang yang ingin dibelanjakan

Salah satu kesalahan ibu rumah tangga dalam berbelanja adalah tidak mencatat barang apa saja yang hendak dibeli. Alhasil setiap melihat barang yang menarik mata langung dimasukan ke keranjang tanpa memperhatikan skala prioritas. ada yang relate?

Menurut CEO dan penulis buku Clever Girl Finance, penting untuk membuat rencana makanan apa yang akan dibuat dan berapa orang yang akan memakannya. Atau kamu bisa mengecek jumlah pengeluaran saat berbelanja selama beberapa minggu karena hal itu akan membantu kamu mengetahui bagaimana pola belanjamu.

2. Pergi ke swalayan saat tengah pekan

Banyak dari kita yang lebih suka berbelanja saat weekend. Namun taukah kamu kalau mau menghemat uang belanja kamu perlu berbelanja pada tengah pekan. Kira kira kenapa bisa gitu ya? ..

Fun fact, karena setiap weekend pasar swalayan akan mengganti dengan produk-produk baru. Sehingga saat tengah hari mereka akan memberikan diskon lebih. Selain itu faktor plusnya lagi karena di tengah hari kondisi pasar swalayan lebih sepi dibandung weekend jadi kamu bisa lebih santai deh berbelanja di sana

3. Jangan mudah tergiur promo atau cashback

Siapa yang di sini kalau liat tulisan ‘cashback 50%’ atau  ‘Buy One Get One’ bawaannya pengen belanja? Nah kebiasaan yang satu ini harus dihindari kalau mau berhemat. Pasalnya kalau kamu mudah kepincut dengan berbagai promo, alhasil biaya yang kamu keluarkan untuk berbelanja juga jadi membengkak dari perencanaan

4. Barang kadaluarsa

Pasti kalian pernah mendengar aturan berhemat dengan membeli barang yang hampir kadaluarsa. Karena kamu akan mendapat harga yang lebih murah jika membeli barang-barang mendekati tanggal kadaluarsa. Ya walaupun memang beberapa makanan masih bisa dikonsumsi walaupun sudah lewat tanggal kadaluarsa dan memang lebih murah, namun hal ini nyatanya kurang efektif karena pada akhirnya makanan yang kamu beli itu hanya disimpan dalam lemari pendingin dan tidak dimasak.

5. Membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan

Yang harusnya bisa dibeli nanti malah dibeli sekarang.. sementara yang harusnya dibeli sekarang malah ga kebeli.. siapa yang suka gini? untuk bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan sesaat memang perlu banyak latihan. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar belanja.

Jika kamu mulai tergoda untuk membeli barang yang tidak terlalu kamu butuhkan, stop jangan langsung membelinya! melainkan kamu bisa memikirkannya selama 1-2 hari dan tanyakan ke diri sendiri apakah manfaat dari barang tersebut dan kenapa barang tersebut perlu dibeli? jika tidak sebaiknya ditunda saja dulu.

6. Jangan belanja saat lapar

Pasti kalian tau istilah ‘lapar mata’? atau pengalaman kayak gini, udah beli banyak eh ternyata ga habis padahal tadi laper banget..  pernah mengalami?

Banyak orang yang berbelanja di saat mereka lagi lapar, namun mereka tidak menyadari kalau hal tersebut justru membuat kalian menjadi impulsif dan berujung membelanjakan barang-barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Jadi lebih baik kalau kamu berbelanja saat perut sudah terisi yaa!

7. Bayar dengan uang tunai

Membayar dengan tunai secara tidak langsung membuatmu lebih bisa memeriksa berapa banyak uang yang kamu belanjakan. Sementara dengan menggunakan kartu atau mobile banking seringkali membuatmu tidak sadar sudah berapa banyak uang yang kamu keluarkan.

8. Belajar membandingkan saat berbelanja

Saat kamu mau membeli sesuatu jangan langsung membelinya! Melainkan kamu perlu mencari opsi lain untuk mengetahui mana yang lebih murah atau lebih menguntungkan. Biasanya platform e-commerce menawarkan produk yang dengan harga yang lebih terjangkau, dengan begitu kamu bisa mendapat barang yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

9. Mencatat pengeluaran

Yang satu ini terlihat sepele namun penting. Dengan mencatat setiap pengeluaran akan membuat kamu menyadari kemana sebagian besar uangmu dihabiskan. Selain itu kamu pun akan lebih mudah mengalokasikan kembali uang belanja ke tempat yang lebih menguntungkan. Salah satunya dengan mengalokasikan sebagian uangmu untuk investasi deposito.

Baca juga : 6 Tips Financial Freedom Ala Robert Kiyosaki