Cara Pinjaman Uang di Bank

Cara Pinjaman Uang di bank

Membuka sebuah bisnis tidak mudah seperti yang dibayangkan, terlebih Anda juga akan membutuhkan modal. Besar atau kecilnya modal yang Anda butuhkan tergantung dari bisnis yang akan Anda jalankan. Untuk mendapatkan modal dasar, biasanya seseorang akan mengajukan pinjam uang di Bank. Pinjam uang di Bank memang lebih efektif ketika Anda memerlukan modal dana yang cukup besar untuk membangun usaha atau keperluan lainnya. Lalu, bagaimana cara pinjaman uang di Bank? Simak penjelasan di bawah ini !

Jenis Pinjaman di Bank

Sebelum membahas bagaimana cara pinjam uang di Bank, Anda harus pahami terlebih dahulu jenis pinjam uang di Bank yaitu:

  1. Pinjaman Beragun
    Pinjaman beragun merupakan pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuka usaha, dengan syarat debitur memberikan agunan atau jaminan. Barang atau aset yang bisa dijadikan agunan cukup beragam, mulai dari sertifikat rumah, BPKB, hingga produk investasi, seperti surat deposito dan obligasi.

  2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
    Kredit tanpa agunan atau KTA Bank tidak jauh berbeda dengan pinjaman online dari fintech (financial technology). Kedua pinjaman ini sama-sama tidak mewajibkan agunan, sehingga lebih mudah buat diajukan siapa pun.

Baca Juga : Syarat & Ketentuan Pinjaman Jaminan SHM

Cara Pinjaman Uang di Bank

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman uang di Bank memang memiliki beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi. Berikut adalah beberapa cara pinjam uang di Bank:

  • Buat Pihak Bank Yakin dengan Bisnis yang Anda miliki
    Pihak Bank akan menanyakan untuk apa anda mengajukan pinjam uang di Bank tersebut. Jika Anda menjelaskan untuk membuka sebuah bisnis, cobalah untuk meyakinkan pihak Bank mengenai bisnis yang akan dijalani. Pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal menyangkut data calon peminjam. Jelaskan mengapa Anda harus pinjam uang di Bank untuk usaha Anda. Jelaskan bagaimana usaha Anda memiliki prospek yang bagus di masa mendatang. Bila perlu, siapkan proposal bisnis Anda untuk menunjukkan kesungguhan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.
  • Lengkapi Persyaratan yang Ditentukan Pihak Bank
    Lengkapilah persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank. Pihak Bank biasanya akan memeriksa kelengkapan persyaratan nasabahnya yang ingin melakukan pinjam uang di Bank dengan sangat teliti dan seksama. Jika persyaratan tidak dilengkapi dengan baik, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman tidak akan disetujui.

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk pinjam uang di Bank biasanya berupa dokumen pribadi nasabah seperti:

  • KTP
  • NPWP
  • buku tabungan
  • Kartu keluarga
  • Laporan keuangan
  • Slip gaji
  • Dan dokumen pendukung lainnya.

Selain itu, biasanya pihak bank akan meminta Anda untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan jika Anda pinjam uang di Bank. Barang jaminan tersebut biasanya akan digunakan untuk menutupi dana pinjaman yang dipinjamkan kepada Anda jika pada periode pengembalian pinjaman tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bank Universal BPR merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin mengembangkan usaha. Untuk kebutuhan usaha anda Bank Universal BPR menawarkan beberapa jenis pinjaman untuk membiayai usaha anda. fasilitas pembiayaan dari Universal BPR :

1. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja untuk menunjang perkembangan usaha Anda dengan sistem plafon yang memperhitungkan hanya pembayaran bunga pinjaman setiap bulannya. Fasilitas ini membantu anda dalam memenuhi kebutuhan modal kerja jangka pendek dan mengatur arus kas yang lebih baik.

2. Kredit Multiguna

Kredit Multiguna merupakan layanan kredit dengan jaminan properti yang bisa Anda ajukan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup Anda. Penuhi beragam kebutuhan seperti Renovasi Rumah, Pengobatan, Modal Usaha, Biaya Pendidikan dan Keluarga, serta biaya kebutuhan lainnya dengan cepat dan mudah.

3. Kredit Deposito

Kredit deposito solusi pinjaman untuk membantu berbagai kebutuhan Anda khusus jaminan deposito Universal BPR dengan sistem pembayaran bunga pinjaman setiap bulannya

Jika anda sudah mengetahui cara pinjaman uang di bank dan ingin mengajukan pinjaman di Bank universal BPR , anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat atau mengisi formulir disini

*Diolah dari berbagai sumber

Baca Juga :  Hitung Simulasi Kredit