Tugas Bank Perkreditan Rakyat, beserta Fungsinya

Tugas Bank Perkreditan Rakyat

Tugas Bank Perkreditan Rakyat apakah sama dengan Bank Umum ?

Mengacu pada Undang-undang tentang perbankan Nomor 10 Tahun 1998 (pasal 1), Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan Bank umum karena BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas, dan perasuransian.

Tugas Bank Perkreditan Rakyat

Secara umum cara tugas Bank Perkreditan Rakyat dengan Bank Umum hampir sama, namun tetap ada perbedaannya. Scope yang boleh dilakukan Bank Perkreditan Rakyat lebih sedikit dibandingkan dengan bank umum dalam menyediakan pelayanan untuk nasabah . Berikut beberapa tugasnya :

  1. Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berjangka, tabungan atau bentuk lainnya.
  2. Memberikan pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan.
  3. Menyediakan pembiayaan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan pemerintah.
  4. Menempatkan dana dalam bentuk deposito berjangka, sertifikat deposito, atau jenis tabungan lain.

Baca Juga : Apa itu Bank Perkreditan Rakyat

Fungsi Bank Perkeditan Rakyat

1. Memberi pengetahuan terhadap masyarakat luas tentang perbankan

Saat ini masyarakat masih awam tentang fungsi dan juga tugas utama BPR. Apalagi untuk mereka yang tinggal desa, mereka masih takut untuk menyimpan uangnya di bank. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menyimpannya di rumah saja.

Oleh karena itu BPR berfungsi memberikan edukasi mendasar pada masyarakat terkait sistem perbankan.

2. Membuat Pemerataan Kesempatan Untuk Membuka Usaha

Di Era digital, banyak anak muda yang mempunyai ide bisnis yang kreatif. Implementasi dari ide tersebut memerlukan modal keuangan yang cukup. Oleh karena itulah BPR hadir sebagai penyedia modal atau dana untuk mereka.

3. Mempercepat Pembangunan di Desa

BPR memang lebih banyak di bangun di desa. Untuk itu, fungsi lain dari BPR adalah membantu mempercepat pembangunan yang ada di dalam suatu desa. Sehingga, seluruh desa yang ada di Indonesia tidak lagi ketinggalan zaman karena kekurangan informasi terkait dunia usaha.

4. Menyediakan Layanan Perbankan

Fungsi utama lainnya dari BPR adalah menyediakan pelayanan perbankan yang bisa digunakan oleh setiap warga. Layanan perbankan ini bisa berbentuk tabungan perseorangan, ataupun memberikan layanan pinjaman dana untuk mereka yang memerlukan modal pinjaman usaha.

Baca Juga :  Profil Perusahaan Bank Universal BPR