Pengaduan Nasabah

Pihak yang dapat menyampaikan Keluhan :

1. Nasabah yang menempatkan dana dan/atau memanfaatkan pelayanan yang tersedia di Bank Universal BPR

2. Perwakilan Nasabah yang bertindak untuk dan atas nama Nasabah berdasarkan Surat Kuasa Khusus dari Nasabah

 

Keluhan Nasabah dapat disampaikan dengan cara  :

1. Menghubungi Customer Care kami di nomor telepon 021-2221-3993

2. Mengunjungi Kantor Bank Universalbpr pada jam operasional kantor;

3. Mengirimkan keluhan dengan  :

a.   E-mail kepada customer care kami dengan alamat email  customercare@universalbpr.co.id; atau

b.  Mengisi Formulir Pengaduan Online pada tautan bit.ly/fpouniversal; atau.

c. Surat resmi ke Kantor Pusat Bank dengan alamat Kantor Pusat PT BPR Universal Emerald Avenue I, No 16-17, Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan

 

 

Tata Cara penyampain Pengaduan Nasabah

Proses Penanganan Keluhan Nasabah

Langkah 1

Nasabah menyampaikan keluhan melalui media (channel) yang disediakan oleh Bank Universal BPR

Langkah 2

Petugas Bank akan melakukan verifikasi atas kesesuaian data nasabah

Langkah 3

Petugas Bank akan menerima dan mencatat keluhan yang disampaikan oleh Nasabah

Langkah 4

Nasabah akan menerima nomor registrasi atas keluhan yang disampaikan.

Langkah 5

Bank akan menindaklanjuti dan menyelesaikan keluhan Nasabah sesuai dengan jangka waktu penyelesaian berdasarkan cara penyampaian keluhan.

Langkah 6

Bank akan menghubungi Nasabah untuk menyampaikan hasil penyelesaian keluhan.

 

Jika Nasabah sepakat, maka keluhan Nasabah dianggap selesai.

Apabila Nasabah tidak sepakat, maka Nasabah dapat mengajukan penyelesaian sengketa/masalah kepada fungsi Mediasi Perbankan yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan/Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI)

 

Pengaduan

Syarat Penyampaian Keluhan Tertulis

Syarat Penyampaian Keluhan Lisan

Tanpa Tatap Muka

Tatap Muka

Nasabah

1)   Identitas Nasabah (KTP/Paspor);

2)   Buku tabungan Nasabah; dan

3)   Dokumen yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang diajukan (jika ada).

1)   Harus diajukan oleh Nasabah yang bersangkutan;

2)   Menjawab pertanyaan verifikasi data diri dan rekening yang diajukan oleh pihak Bank

1)    Identitas Nasabah (KTP/Paspor);

2)    Buku tabungan Nasabah; dan

3)    Dokumen yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang diajukan (jika ada).

Perwakilan Nasabah

1)   Identitas Perwakilan Nasabah;

2)   Surat kuasa (jika diwakilkan);

3)   identitas Nasabah pemberi kuasa (jika diwakilkan); dan

4)   dokumen yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang diajukan (jika ada).

 

Tidak Diperkenankan

1)      Identitas Perwakilan Nasabah;

2)   Surat kuasa (jika diwakilkan);

3)   identitas Nasabah pemberi kuasa (jika diwakilkan); dan

4)   dokumen yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang diajukan (jika ada).